Cara Mengatasi Kursor yang Hilang

Kursor merupakan pointer atau petunjuk pada monitor laptop atau komputer yang dikendalikan dengan menggunakan Mouse. Tanpa menggunakan kursor tentunya kita tidak dapat mengoperasikan komputer bahkan untuk membuka File Pribadi sekalipun.

Jadi dalam hal ini kursor memiliki peranan penting, namun bagaimana bila tiba-tiba kursor tersebut tidak muncul atau menghilang pada layar monitor Anda ? Tentu saja ini menjadi masalah yang serius.

Mungkin tidak banyak orang yang mengalami masalah hilangnya kurso ini, akan tetapi sebagian orang tentu pernah mengalaminya.

Faktor Penyebab Kursor Hilang

Bagi pengguna Windows, baik itu Windows 7, 8 dan Windows 10 Anda perlu paham terlebih dahulu nih apa yang menjadi faktor penyebab kursor hilang di laptop.

Inilah beberapa faktor yang menjadi penyebab kursor hilang atau tidak muncul :

  1. Sistem lagi bermasalah atau error
  2. Driver mouse sedang bermasalah
  3. Sistem tidak merespon mouse
  4. Touchpad pada laptop terkuncu atau tidak berfungsi
  5. Rusaknya Port USB pada komputer/laptop

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Laptop atau Komputer

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba satu persatu, karena saya yakin masalah yang Anda alami tentu penyebabnya berbeda-beda.

1. Restart Windows

Cara pertama yang bisa Anda coba pada saat kursor tidak berfungsi adalah dengan cara Restart. Dengan melakukan restart tentunya dapat memperbaiki masalah yang ada.

Apabila Anda menggunakan komputer maka untuk proses restart-nya bisa melalui tombol power. Berbeda halnya jika menggunakan laptop harus menggunakan fungsi (Alt + F4 di keyboard).

2. Mengaktifkan kembali Touchpad

Cara Membuka Kunci Touchpad

Touchpad yang terkunci tentunya bisa membuat kursor jadi tidak muncul. Mungkin saja pada saat mengetik di keyboard tanpa sadar Anda sudah mengunci touchpad.

Untuk memastikan Anda bisa mengaktifkan kembali melalui keyboard, caranya seperti berikut ini:

Tekan salah satu fungsi F1 sampai F12 pilih yang ada logo touchpadnya ya. Tapi ada beberapa laptop yang mungkin saja tidak ada logo touchpad atau sudah buram.

Nah, jangan panik Anda bisa mencoba menekanya satu persatu sambil menekan tombol FN ya guys. Sekarang coba cek kursornya kembali apakah sudah berfungsi kembali atau belum.

3. Update Driver Mouse / Kursor

Update Driver Mouse

Setiap sistem yang beroperasi tentu ada beberapa yang perlu di update untuk mengatasi masalah yang ada. Bisa saja penyebab tidak munculnya kursor pada layar karena driver tersebut sudah kadaluarsa.

Apabila ini menjadi sumber masalahnya, maka Anda wajib mengupdate dan menginstall ulang driver kursor. Tidak sulit kok untuk install driver ini menggunakan keyboard juga bisa.

Biar gak repot dan nyari-nyari lagi, nih sudah ane sediakan beberapa alamat situs berdasarkan merknya :

asus.com
acer.co.id
axiooworld.com
support.toshiba.com
support.dell.com
hp.com
advan.com
Lenovo.com
sony.co.id

4. Install Ulang

Install Ulang Windows

Sebelum ke solusi terakhir, coba deh kamu install ulang windowsnya. Dengan menginstall ulang tentunya bisa memperbaiki sistem yang memang sudah bermasalah atau rusak.

Jika sebelumnya menggunakan windows 7 atau 8 Anda juga bisa coba menggantinya dengan windows 10.

Install ulang ini kebanyakan orang sudah melakukanya dan berhasil dimana kursor yang tadinya hilang akan muncul kembali.

5. Service Touchpad

Service Touchpad dengan ahlinya

Service touchpad bisa Anda coba apabila setelah melakukan install ulang windows tidak berhasil sama sekali, saran saya pergi ke service center khusus laptop terdekat.

Jangan lupa beritahu masalah yang Anda alami, sebaiknya minta diperika terlebih dahulu tuochpadnya apakah benar-benar rusak atau tidak. Sedikit info bahwa harga touchpad kurang lebih Rp 100.000 tergantung merk laptopnya.

Jangan coba-coba membongkar sendiri touchpadnya karena takutnya ada komponen yang putus didalamnya jika Anda belum paham.


Penutup

Ittulah tadi beberapa cara dan tips mengenai cara memunculkan kursor yang hilang di laptop.

Segera perbaiki masalah kursor Anda karena, tentu saja akan menghambat pekerjaan Anda dan ini bukanlah hal yang menyenangkan.

Pernah ada yang bertanya kepada saya bahwa setelah di install ulang kursornya kembali tapi setelah beberapa saat hilang kembali. Untuk penyelesaianya coba Anda menggunakan opsi restore sistem.