Cara Menambah Layer Video di Kinemaster

Membuat konten video menarik dan terlihat professional sekarang sudah bisa dilakukan melalui smartphone dengan bantuan aplikasi editing.

Saat ini ada banyak aplikasi edit video yang beredar di Playstore dan bisa di download secara gratis.

Saking banyaknya sampai membuat beberapa orang bingung memilih mana aplikasi yang rekomended digunaan untuk membuat video berkualitas.

Jika anda menginginkan aplikasi editing yang memiliki fitur lengkap layaknya aplikasi editor yang ada di komputer, sebaiknya gunakan aplikasi Kinemaster pro.

Kinemaster Pro menawarkan banyak fitur premium yang akan membantu anda membuat konten video dengan kualitas yang baik.

Aplikasi ini bukan hanya mampu memotong, menggabungkan video, menambah teks, sticker saja, melainkan juga bisa digunakan untuk membuat beberapa layer dalam proses editing.

Cara Menambah Layer di Kinemaster

Jika dilihat secara sekilas cara menambah layer video di kinemaster terlihat sulit, namun jika anda sudah mencobanya, maka proses selanjutnya akan lebih mudah.

Untuk memudahkan anda, berikut saya bagikan panduan menambah layer di aplikasi Kinemaster Pro.

1. Jalankan Aplikasi Kinemaster Pro

Pastikan anda sudah install aplikasi Kinemaster Pro versi terbaru di smartphone android yang anda gunakan. Kemudian buka dan jalankan aplikasi Kinemaster Pro.

2. Mengatur Rasio

Setelah aplikasi terbuka, silakan klik icon tanda +. Kemudian pilih rasio ukuran video yang akan dibuat. Selanjutnya masukkan background yang diinginkan untuk video berlayer.

Anda dapat memilih foto, gambar atau video dengan cara klik Media lalu pilih file yang akan dijadikan sebagai background.

Apabila anda ingin background dengan warna polos, caranya klik Background lalu pilih gambar berwarna bawaan yang di inginkan.

Jika anda ingin menggunakan gambar atau video sendiri, caranya klik Storage (shared document).

Misalnya di sini saya ingin menggunakan warna hijau untuk background. Ketika klik background maka warna yang dipilih secara otomatis akan masuk ke dalam Storyboard.

3. Mengatur Durasi

Pada tahap ini anda dapat mengatur durasi dari background video tersebut sesuai kebutuhan.

Caranya klik gambar yang ada di storyboard sampai muncul frame warna kuning. Setelah itu, silakan klik icon titik tiga, lalu geser sampai dengan durasi yang diinginkan.

Jika sudah cukup, silakan klik icon ceklis yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya silakan geser Playhead garis berwarna merah menuju awal video yang diberi layer.

Kemudian klik menu layer, lalu akan muncul sub menu untuk memasukkan media, teks, effect, dan tulisan tangan.

Jika anda memilih media foto, maka foto yang anda pilih akan masuk ke dalam storyboard dan siap di edit.

4. Menyesuaikan Ukuran Layer

Ukuran layer foto dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin dikecilkan, silakan klik tanda panah di pojok kanan bawah lalu geser sampai di posisi ukuran yang diinginkan.

Silahkan lakukan hal sama jika anda ingin menambahkan layer baru yang berisi gambar, teks, video, sticker atau tulisan tangan.

Itulah beberapa tahapan untuk menambahkan layer yang berisi gambar atau video yang disajikan dalam satu frame video.

Untuk menyimpan hasil editing tersebut, silakan klik tanda panah ke atas yang ada di pojok kanan atas.

Kemudian atur resolusinya, atur juga frame rate dan kualitas videonya. Jika sudah, silakan klik Export untuk menyimpan video ke dalam internal memory smartphone.

Jika anda ingin hasil editing dengan kualitas yang maksimal, pastikan klip video dan foto – foto yang anda masukkan ke aplikasi Kinemaster memiliki ukuran dan resolusi yang seragam.