Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi MIUI Tanpa Aplikasi

Sebagai salah satu pengguna HP Xiaomi tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, meskipun itu terbilang sepele tetapi bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Salah satunya adalah mengecek kesehatan baterai HP Xiaomi yang anda miliki. Sebab ada beberapa masalah yang terjadi pada HP Xiaomi dikarenakan baterai yang bermasalah.

Misalnya saja seperti tiba-tiba mati sendiri, HP menjadi cepat panas, smartphone tidak bisa di charge, smartphone hanya hidup bila dicharge dan masalah lainnya.

Hal ini tentunya menjadi penghambat aktivitas kita, namun sebaliknya jika performa baterai kita baik maka bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari.

Seperti yang sudah dibahas oleh Newsgeek.id bahwa sangat penting sekali menjaga kesehatan baterai hp xiaomi Anda.

Nah disini kami ingin bagikan cara cek kesehatan baterai smartphone kamu, khususnya bagi kamu pengguna Xiaomi. Cara yang kami bagikan ini terbilang mudah karena kamu tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga.

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi MIUI 11

Pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan bahwa versi MIUI anda masih versi MIUI 11, MIUI 10 dan MIUI 9 maka cukup menggunakan kode khusus seperti dibawah ini :

  1. Pertama kamu buka menu Panggilan, lalu ketik kode ini *#*#4636#*#*
  1. Selanjutnya secara otomatis kamu akan diarahkan ke tampilan seperti gambar dibawah ini.
  2. Pada gambar diatas terdapat 5 item menu, lalu kamu pilih yang Info Baterai.
  1. Jika sudah di klik maka kamu akan melihat informasi detail terkait kinerja smartphone kalian, sehingga terlihat kesehatan baterai kalian baik ataukah buruk.
Pernah mendapatkan notifikasi safe mode pada smartphone Anda ? Coba baca artikel cara keluar dari safe mode di xiaomi.

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi MIUI 12

Disini kamu bisa mengecek melalui pengaturan sistem sebab untuk versi MIUI 12 cara diatas sudah tidak tidak efektif lagi namun bukan bearti tidak tidak ada cara lain untuk mengecek battery health xiaomi kalian.

Meskipun kode yang digunakan masih bisa terpakai namun kamu tidak akan bisa mengetahui info baterai dan statistik penggunaan. Hanya akan terlihat tampilan menu Informasi telepon 1, Informasi telepon 2 dan Wi-fi information saja.

Dibawah ini adalah cara mengetahui battery health xiaomi lewat pengaturan sistem.

  1. Pertama buka Menu Pengaturan/Setelan pada smartphone.
  2. Kemudian pilih Menu Tentang Telepon yang ada di posisi paling atas.
    Tentang Telepon
  3. Lalu klik yang Keseluruhan Spesifikasi
  4. Setelah terbuka kalian scroll sedikit kebawah, lalu pilih yang versi kernel. Kamu harus tekan 3 kali dengan cepat agar bisa terbuka.
    Pilih Versi Kernel
  5. Bila berhasil kamu akan langsung masuk ke halaman CIT, dimana didalamnya terdapat berbagai item pengujian dari SIM Card, Keyboard Test, Vibrator Test, Touch Sensor, Display, Receiver, Speaker, Headset Test sampai item Baterai Indicator.
  6. Kamu pilih saja yang item Baterai Indicator
    Pilih Baterai Indicator
  7. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, akan terlihat jelas kondisi pada baterai mulai dari temperatur, electricity, battery authentic dan lainya.
    Tampilan Informasi Baterai

Dari gambar diatas kamu bisa menganalisis kondisi kesehatan baterai xiaomi kalian. Apabila pada item battery authentic ada tulisan Pass (lulus), maka performa baterai kamu masih bagus dan layak digunakan.

Namun jika disitu tertulis Faill (tidak lulus), maka kamu perlu mengeceknya lebih lanjut bahkan harus mengganti baterai tersebut. Cara cek battery health xiaomi MIUI ini ternyata salah satu cara dalam mengantisipasi dan memeriksa kondisi ponsel kalian.

Tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan yang justru menurut kami menghabiskan waktu. Harus mendownload dulu di Playstore yang ada hanya menambah beban di smartphone kalian.

Demikianlah tutorial cara mengecek kesehatan baterai smartphone xiaomi, semoga bermanfaat untuk kalian guna mengontrok kondisi smartphone yang kalian miliki agar bisa bertahan lama.

Apabila ada pertanya terkait langkah-langkah diatas bisa ditanyakan kepada tim kami di kolom komentar yah.

Leave a Comment